Posted on

8 Tujuan Wisata Alam di Alaska – Alaska adalah salah satu negara bagian Amerika Serikat (AS) yang terpisah dari daratan. Negara bagian ini terletak di bagian barat Kanada, dekat dengan Kutub Utara dan Samudra Arktik.

8 Tujuan Wisata Alam di Alaska

pdcc – Alaska adalah negara bagian terbesar di Amerika Serikat, tetapi memiliki kepadatan penduduk terendah. Namun, negara bagian merupakan salah satu tujuan wisata paling populer, terutama bagi pecinta alam dan aktivitas luar ruangan.

Melansir catatantraveling, Wilayah Alaska dibagi menjadi 5 wilayah: Far North, Inland, Southwest, South and Central, dan Inner Passage dan Southeast. Sebagian besar wilayah Alaska adalah hutan lindung, cagar alam, dan taman nasional.

1. Denali National Park

Taman Nasional dan Cagar Alam Denali terletak di perbatasan antara pedalaman dan selatan-tengah Alaska, seluas sekitar 2,4 juta hektar. Gunung McKinley, gunung tertinggi di Amerika Utara, merupakan pusat dari taman nasional ini. Vegetasi yang hidup di sini termasuk hutan jenis konifera dan hutan tundra.

Sedangkan untuk hewan, ada sekitar 37 spesies mamalia, seperti rusa, karibu, serigala, dan beruang grizzly. Dan 130 spesies burung termasuk elang emas. Setiap tahun, sekitar 432.000 wisatawan datang ke taman nasional ini. Hal yang menarik dari Denali adalah adanya jalan raya di Jalan Taman Denali di kawasan taman nasional, yang memudahkan wisatawan untuk naik bus atau berkendara ke tempat ini. Ada juga 4 area berkemah: Temple River, Teklanika River, Igloo Creek dan Wonder Lake. Dari Anchorage dan Fairbanks, Denali dapat dicapai melalui George Park Highway atau Alaska Railroad.

Baca juga : Alam Alaska yang Indah Dan Menjadi Daya Tarik Turis

2. Kenai Fjords National Park

Taman Nasional Kenai Fjords terletak di pantai Semenanjung Kenai di Alaska tengah-selatan. Dinamakan fjord karena terdapat banyak fjord yang terbentuk oleh gletser yang mengalir dari pegunungan tinggi. Ada sekitar 38 gletser, yang terbesar adalah Gletser Beruang. Ekosistem alpen mendominasi vegetasi di sini.

Adapun hewan khususnya: mamalia darat seperti beruang coklat, beruang hitam, rusa dan kambing. Mamalia laut seperti berang-berang laut, anjing laut pelabuhan, singa laut Steller dan orca; burung seperti elang botak, puffin, dan elang. Taman nasional tersebut dapat diakses dari Seward melalui Jalan Raya Seward, namun wisatawan yang datang ke sini biasanya lebih memilih menggunakan kapal pesiar.

3. Katmai National Park

Katmai National Park and Nature Reserve terletak di barat daya Alaska. Taman nasional seluas 1,6 juta hektar dikenal sebagai Lembah Seribu Asap serta Beruang Coklat. Nama Katmai itu diambil dari nama Gunung Katmai yang berada di taman nasional ini. Akibat curah hujan yang tinggi, ekosistem di daerah tersebut beragam.

Hewan utamanya adalah beruang coklat, juga rusa, serigala abu-abu, berang-berang, mamalia air, burung, terutama elang botak dan salmon. Pusat fasilitas terletak di King Salmon City. Di taman nasional ini terdapat sebuah kawasan yang menyediakan akomodasi dan area camping yaitu Brooks Campground yang sering dikunjungi wisatawan. Taman nasional hanya dapat dicapai dengan perahu dan taksi air dari Anchorage.

4. Wrangell-St. Elias National Park & Preserve

Taman Nasional dan Cagar Alam Wrangel Street Elias adalah taman nasional terbesar di Amerika Serikat, seluas lebih dari 5,3 juta hektar. Berada di wilayah selatan-tengah Alaska, itu menutupi setengah dari area pegunungan dari gunung suci. Seluruh wilayah Pegunungan Elias dan Wrangel, sampai ke perairan Teluk Alaska.

Berbagai vegetasi dapat ditemukan di sini, seperti: black spruce dan willow di dataran rendah; hutan boreal dan hutan konifer di lahan kering; pegunungan subalpine dan alpine. Hewan yang tinggal di sini antara lain domba Dole, beruang hitam, beruang coklat, Wolverine, berang-berang, Lynx, beberapa ikan di Sungai Copper dan Sungai Yukon, serta berbagai jenis burung seperti Thunderbirds dan Grey Crows. Taman nasional dapat diakses melalui jalan raya dari Anchorage. Pada 2011, lebih dari 60.000 turis datang ke sini.

5. Taman Nasional dan Cagar Alam Danau Clark

Taman Nasional dan Cagar Alam Danau Clark terletak di wilayah tengah-selatan Alaska, seluas 1,6jt hektar. Taman ini terkenal sebagai Danau Clark yang berwarna biru kehijauan, yang dikelilingi oleh pegunungan yang tertutup salju. Vegetasi di sini sebagian besar adalah hutan utara dan tundra.

Hewan yang hidup di sini antara lain beruang coklat, rusa besar, karibu, domba ekor panjang, serigala abu-abu besar, dan berbagai jenis salmon. Taman nasional hanya dapat dicapai dengan taksi air dan perahu melalui Cook Inlet dan Clark Lake. Visitor Service Center Park Service terletak di Pelabuhan Ullsworth di Clark Lake dan menyediakan berbagai akomodasi.

6. Taman Nasional Teluk Gletser

Taman Nasional Teluk Gletser terletak di Inner Passage dan wilayah Alaska Tenggara. Luasnya kurang lebih 1,3 juta hektar. Ekosistem di sini meliputi tundra basah, tundra alpen, hutan pantai, gletser, dan ladang es. Hewan liar yang hidup di sini termasuk beruang grizzly, beruang hitam, rusa besar, rusa ekor hitam Stika, kambing gunung, domba ekor panjang, serigala, lynx Kanada, berang-berang laut, anjing laut pelabuhan, singa laut Steller, lumba-lumba putih Pasifik, Paus orcas, kecil Paus Kirk, paus bungkuk, elang botak, burung camar, unggas air, dan salmon. Pusat fasilitas terletak di Barlett Cove, yang menawarkan akomodasi, restoran, tempat perkemahan, persewaan kayak, dan dermaga perahu wisata. Taman nasional hanya dapat dicapai dengan pesawat dan kapal pesiar dari kota terdekat, Gustavus.

7. Kobuk Valley National Park

Taman nasional ini terkenal dengan bukit pasir Great Cobuk Sand Dunes. Itu terletak di ujung utara sekitar 40 kilometer utara Lingkaran Arktik. Vegetasi yang hidup di sini adalah tundra dan hutan boreal. Jenis utama hewan termasuk karibu, rusa, serigala abu-abu, beruang hitam, beruang coklat, domba liar, salmon, dan ikan betina.

Karena terletak di dalam Lingkaran Arktik, suhu di musim dingin bisa mencapai di bawah nol derajat Celcius. Cahaya utara juga sangat umum. Karena sulit untuk menjangkau taman nasional ini, jarang sekali wisatawan mengunjunginya. Satu-satunya cara untuk sampai ke sini adalah dengan berjalan kaki, menggunakan kereta luncur anjing atau mobil salju di kota terdekat Kotzebue dan Nome.

Baca juga : Indahnya Melihat Musim Gugur di Quebec

8. Gates of the Arctic National Park

Ini adalah taman nasional terbesar kedua setelah Wrangell-St. Taman Nasional Elias mencakup area seluas sekitar 3,4 juta hektar. Itu terletak di ujung utara Alaska, berbatasan dengan Cagar Alam Nasional Noatak di timur. Sebagian besar taman adalah Pegunungan Brook Range. Vegetasi di sini sebagian besar berupa hutan boreal.

Hewan hidup termasuk rusa, beruang coklat, beruang hitam, domba dole, serigala dan karibu. Untuk sampai ke sini, pengunjung dari Dalton Highway harus berjalan kaki sejauh 8 kilometer dan menyeberangi sungai. Dari akhir Mei hingga awal September, Pusat Pengunjung Antartemen Arktik di dekat Coldfoot terbuka untuk memberikan informasi bagi pengunjung yang ingin datang ke sini.